Manfaat Olahraga Berenang bagi Pikiran dan Tubuh

Manfaat Olahraga Berenang. Berenang adalah jenis olahraga yg dapat meningkatkan kesehatan dan terbilang minim resiko cereda fisik karena seluruh badan ditahan oleh air. Berenang juga merupakan olahraga yang paling dianjurkan bagi mereka yang kelebihan berat badan, ibu hamil dan penderita gangguan persendian tulang.

Manfaat olahraga berenang jika dilakukan secara rutin antara lain:

Membentuk Otot

Ketika berenang, hampir seluruh otot pada tubuh kita gerakkan, mulai dari kepala, leher, anggota gerak atas, dada, punggung, perut pinggang, anggota gerk bawah dan telapak kaki.

Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru

Gerakan anggota tubuh sepert tangan dan kaki yg mendorong dan menendang air dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah dan paru-paru. Sehingga berenang bisa dikategorikan sebagai aerobik di dalam air.

Menambah tinggi badan

Berenang dengan benar dapat menambah tinggi badan, bagi yang masih dalam masa pertumbuhan.

Melatih Pernafasan

Berenang sangat dianjurkan bagi yang memiliki penyakit asma, karena bisa memperkuat sistem cardiovaskular dan pernafasan. Pernapasan jadi lebih lancar dan lebih panjang.

Membakar kalori

Ketika berenang, energi yang dibutuhkan untuk bergerak akan menjadi lebih tinggi, krn tubuh lebih berat untuk bergerak di dalam air. Secara efektif kegiatan berenang mampu membakar kalori tubuh sekitar 24%.

Menghilangkan Stres

Gerakan yg dilakukan perlahan saat berenang secara psikologis mampu membuat pikiran dan hati menjadi lebih rileks karena kemampuannya meningkatkan hormon endorfin di dalam otak.

Pemanasan ringan yang dilakukan sebelum berenang sangat penting untuk menghindari terjadinya kram otot dan juga berfungsi untukmeningkatkan detak jantung dan suhu tubuh secara bertahap.

Mulailah dengan berjalan di sekitar kolam renang selama sekitar 10 menit sambil melakukan gerakan ringan seperti mengayunkan kaki dan tangan. Dan memulai berenang dengan cara bertahap, lakukan satu putaran terlebih dahulu, kemudian istirahat selama kurang lebih 30 detik. Setelah ini dilakukan beberapa kali, baru kemudian berenang selama 20 sampai 40 menit secara terus menerus. Tingkatkan latihan setelah beberapa minggu. Agar semua otot terlatih, sebaiknya berenang dilakukan dengan berganti-ganti gaya.

Pendinginan setelah selesai berenang dilakukan agar detak jantung dan suhu tubuh tidak menurun secara drastis. Pendinginan dilakukan dengan cara melakukan gerakan berenang secara perlahan selama sekitar 5 menit.

2 responses to “Manfaat Olahraga Berenang bagi Pikiran dan Tubuh

berkomentar lah di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s