Program Utilitas

A.  PENGERTIAN
Program Utilitas (Utility Program) adalah sejenis peranti lunak sistem yang memungkinkan penggunamelakukan pekerjaan-pekerjaan pemeliharaan, yang biasanya berkaitan dengan pengaturan komputer dan perangkat-perangkat atau program-programnya.

B.  FUNGSI PROGRAM UTILTAS
Fungsi-fungsi program utilitas terutama dalam hal ini  program utilitas bawaan adalah mengelola file, melihat gamabar, menjaga akses dari akses yang tidak diinginkan, menghapus program, memindai disk , mendegfragenter disk, mendiagnosis masalah, membackup file dan disk serta mengatur screen server.

 

C.JENIS – JENIS PROGRAM UTILITAS
Jenis-jenis program utilitas terbagia atas 2 yaitu:

  1. Program Utilitas Internal (bawaan)
  2. File Manager

Berfungsi untuk melakukan fungsi-fungsi yang berkaitan dengan manajemen file, seperti memformat dan menyalin disk, menampilkan daftar file, memeriksa jumlah ruang yang di gunakan dan ruang kosong pada media penyimpanan, mengorganisasikan, merename, menghapus, memindahkan dan mengurutkan file-file.

-Personal Firewall
Berfungsi utuk mendeteksi dan melindungi komputer anda dari usaha komputerlain untuk masuk ke komputer anda tanpa izin.

  • Cara kerja
  • Ketika ada paket data yang masuk ke jaringan atau komputer maka Firewall akan mengecek header dari paket data tersebut. Kemudian menggunakan aturan jaringan maka firewall bisa menentukan apakah data paket ini bisa diteruskan atau tidak. Jika tidak maka akan ada pemblokiran, jika diijinkan maka paket data ini akan diteruskan sesuai mekanisme jaringan tersebut sehingga sampai ke komputer yang dimaksud.
  • Dan sebaliknya ketika ada paket data keluar maka Firewall pun bisa mengecek berdasarkan IP dan content. Disini biasanya jaringan bisa memblok akses sebuah divisi ke sebuah sumber daya jaringan. Atau mungkin pemblokiran content yang mengandung pornografi. Disini firewall memiliki aturan untuk memfilter permintaan seperti ini.

 –Disk Defragmenter
Berfungsi untuk menata kembali file-file dan ruang-ruang kosong pada hardisk komputer agar sistem operasi dapat mengakses data dan program dapat berjalan ledih cepat.

  • Cara kerja
    1. Pada start menu pilih program->Acessories -> System Tools -> Disk defragmenter
    2. Pilih drive yang berisi file windows anda (misalnya drive C), secara default windows diinstal di drive C
    3. Klik tombol Analyze, tunggu hingga windows melakukan analisa terhadap file-file di hardisk anda. Jika ada file yang belum terfragmentasi maka kotak dialok untuk melakukan defrag. Tekan tombol defrag, proses ini butuh waktu sekitar 1 – 4 jam tergantung kapasitas hardisk yang di defrag.
    4. Selepas di analisa, lihat pada warna di antara dua bagian yaitu bagian atas. jika warna merah kelihatan banyak seperti contoh gambar dibawah, anda perlu klik pada Defragment untuk menghilangkan warna merah.

Utilitas Backup
Berfungsi untuk menyalin atau membackup file-file terpilih atau seluruh hard disk ke media lain seperti CD, DVD, dll

  • Cara kerja

Utilitas Diagnostik
Berfungsi untuk mengumpulkan informasi teknis mengeanai hardware dan software tertentu dari komputer anda dan kemudian membuat laporan yang menggarisbawahi masalah-masalah yang teridentifikasi.

  • Cara kerja

Image Viewer
Berfungsi untuk menampilkan , menyalin dan mencetak isi dari file gambar.

Disk Scanner
Berfungsi untuk mendeteksi dan memperbaii masalah fisik hardisk dan menghapus file-file yang tidak diperlukan.

  • Cara kerja
  1. Gambar diletakkan pada posisi yang telah ditentukan pada mesin scanner.
  2. Kemudian mesin scanner akan menyinari dan merekam gambar kemesin computer.

Secara detail, cara kerja scanner dapat dijelaskan sebagai berikut:
1. Gambar yang akan dipindai diletakkan diatas permukaan kacapemindai/scanner.

  1. Sebelum gambar dipindai, computer akan menentukan seberapa jauh motor stepper yang membawa lampu akn maju, jaraknya ditentukan oleh panjang gambar dan posisi gambar dikaca pemindai.
  2. Lampu mulai menyala dan motor stepper akan mulai berputar untuk menggerakkan lampu hingga posisi akhir gambar.
  3. Cahaya yang dipancarkan lampu ke gambar akan segera dipantulkan, kemudian pantulan yang dihasilkan akan dibaca oleh sejumlah cermin menuju lensa scanner
  4. Cahaya pantulan tersebut akhirnya akn sampai kesensor CCD.
  5. Sensor CCD akan mengukur intensitas cahaya dan panjang gelombang yang dipantulkan dan merubahnya menjadi tegangan listrik analog.
  6. Tegangan analog tersebut akan diubah menjadi nilai digital oleh alat pengubah ADC (Analog to Digital).
  7. Sinyal digital akan dikiim ke papan logic dan dikirmkan kembali kekomputer dalam bentuk data digital yang menunjukkan titik-titik gambar yang dipantulkan.

Uninstaller
Berfungsi untuk menghapus program dan berkas-berkas yang berkaitan dengan file sistem.

  • Cara kerja

Uninstaller bekerja dalam 3 tahapan, yaitu memeriksa system sebelum (dan setelah) menghapus aplikasi. Kemudian menjalankan uninstaller standar program yang akan dihapus. Setelah selesai, Revo Uninstaller akan menghapus file, folder dan registri yang biasanya ditinggalkan oleh software tersebut di komputer.

Revo Uninstaller cukup fleksibel dengan kondisi yang diinginkan penggunanya. Uninstaller yang satu ini tetap memberikan pilihan untuk metode uninstall yang digunakan, yaitu:
1.Built-in.
Hanya melakukan uninstall lewat uninstaller standar Windows atau program yang dimaksud saja.
2.Safe.
Seperti metode Built-in, tetapi dengan melakukan pembersihan ringan dan aman di beberapa lokasi di harddisk dan registri Windows.
3.Moderate.
Seperti metode Safe, tetapi metode pembersihan yang dilakukan lebih detil dan spesifik.
Ini adalah metode yang paling dianjurkan.
4.Advanced.
Seperti Metode Moderate, tetapi metode pembersihan yang dilakukan lebih dalam, terutama di bagian registri Windows.

Screen Saver
Berfungsi untuk menampilkan gambar bergerak atau kosong jika mouse dan keyboard sejenak berhenti braktivitas.

Kriptografi Utilitas
Berfungsi membantu dalam mengkonversi ke dalam kode bahasa biasa dan juga mengkonversi kode ke dalam bahasa biasa. Oleh karena itu, berguna dalam mengenkripsi dan mendekripsi file.

  • Cara kerja

 

 

 

Program Utilitas External (Bukan Bawaan)

Registry Cleaner
Berfungsi untuk membersihkan file-file yang menumpuk di registry yang membuat perlambatan pada komputer seperti booting lebih lama,sehingga jika kita telah meregistrinya maka akan menghilangkan perlambatan pada komputer. Contoh Registry Cleaner : Regcure.

  • Cara kerja

Software Wise Registry Cleaner ini akan memindai (scan) pada seluruh registry yang terdapat pada sistem komputer. Untuk keamanan (jaga-jaga) maka ada fitur backup registry pada software ini, sehingga pengguna akan merasa nyaman dan aman dalam proses membersihkan registry.

 –Anti virus (Virus Scanner)
berfungsi untuk mendeteksi dan menghapus virus-virus yang terdapat di komputer anda dan juga berjaga-jaga dari serangan virus yang masuk.

  • Cara kerja

Spyware Remover
Berfungsi untuk mendeteksi dan menghapus spyware dan adware. Spyware adalah program yang ditempatkan pada sebuah komputer tanpa sepengetahuan penggunya yang secara diam-diam akan mengumpulkan informasi mengenai pengguna terutama yang behubungan dengan penjelajahan di web.

  • Cara kerja

Spyware Spyware masuk ke PC Anda tanpa diundang, dan dapat mengganggu stabilitas sistem.Jika Anda kerapmenggunakan fasilitas file-sharing di internet seperti Grokster atau Kazaa, maka waspadalah.Spywaredan adware dapat masuk ke PC Anda melalui aplikasi tersebut. Ketika Anda mengklik link, bukan tidakmungkin Anda pun telah menginstalasi spyware.(Lanjutkan..) Selain itu, spyware juga dapat menginfeksi sistemketika Anda mengunjungi situs atau membuka e-mail.Aplikasi spyware menciptakan lubang keamanan pada sistem teknologi informasi yang memungkinkan penyusup mengacak-acak, mencuri informasi, bahkan mengambil alih sistem.

Internet Filter
Berfungsi untuk menghapus atau menghentikan hal-hal tertentu agar idak ditampilkan. Tiga jenis internet filter yang digunakan secara luas adlah anti spam(menghapus spam sebelum masuk ke inbox kita), popup blocker(menghentikan pop-up agar tidak ditampilkan pada halaman web) dan web filter(membatasi akese ke materi-materi tertentu pada web).

Kompresi file
adalah program utilitas yang berfungsi untuk menyusutkan ukuran file.

  • Cara kerja

Aplikasi kompresi file membuang pengulangan-pengulangan tersebut. Alih-alih menampilkan potongan informasi yang sama secara berulang, aplikasi kompresi mencatat informasi tersebut satu kali saja, dan akan menduplikasikannya kembali saat file diekstrak.

CD/DVD Burning
Berfungsi untuk menulis dan memperbaiki masalah-masalah pada sistem operasi atau disk dan memperbaiki kinerha komputer.

  • Cara kerja

berkomentar lah di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s