TENTANG JARINGAN

Di zaman sekarang, remaja yang engga kenal internet itu dianggap remaja yang super duper kuper. Gila aja, tinggal dimana tuanak? Kalo dia tinggal di septic tank sih aku percaya dia ga kenal internet haha. Secara gitu, dia cuma kenal ama emas weheheūüėÄ tapi ini zaman modern coy,di zaman sekarang ga ada internet mah berasa ga hidup. ‚Äúgabisa ngenet? Dih, jadul amat lo!‚ÄĚ
Sekarang, banyak layanan untuk dapat menjamah dunia internet, mulai dari warnet, wifi gratisan, operator internet murah, pasang speedy di rumah, kartu dengan modem 3G, akses GPRS mobile, masang lewat kabel telpon rumah juga bisa tapi naujubilah, yaAllah lemotnyaaa~

Internet bisa jadi perpustakaan bebas dan internasional yang bisa ngasih kita kemudahan untuk mencari berbagai informasi dan pengetahuan, apalagi buat para pelajar kaya kita, bikin tugas aja ketergantuangan banget ama internet, tinggal klik doang mabro, langsung jadi tugasnya, mantaap! Tapi, bagi para Profesional-nya internet, internet bisa jadi ladang  buat nyari pekerjaan atau nyari untung, misalnya bikin virus terus virusnya disebar lewat internet, bisa jadi dewa hacker tuh dia.
Namun, bagi para remaja sebaiknya engga terlalu mendewakan internet, karena eh karena tidak dapat dipungkiri lagi bahwa remaja yang menghabiskan waktunya buat chatting dan main game online akan bisa dipastikan lebih cepat terpengaruh dampak buruk dari kecanggihan dunia internet.
Em, awal make internet sih kita fine aja, gaperlu tau apa arti internet itu sendiri. Kita cuma tau ‚Äúpokoknya internet tuh buat facebook-an, ama nyari sumber tugas‚ÄĚ gubraaak!! Yang jawab begitu adalah orang bodoh diantara sekumpulan orang paling bodoh-.- (aku termasuk dong? Omagad). Tapi biar kita makin dibilang nge-trend, kita pelajari dulu apa itu arti internet?
Oke guys, hem postingan aku kali ini akan membahas all about Ethernet. Jika diluar sana banyak yang bertanya-tanya apa itu internet? Bagaimana sejarahnya? Lalu, apa dampak bagi pengguna nya? Semua akan dibahas tuntas, pemirsa inilah inserut es sum-sum! (emang ada?)
Internet? kurang tau deh~
Dari sumber terpercaya yang aku baca, di Wikipedia itu lho, katanya Internet itu kependekan dari Interconnected-networking. ‚Äúapasih maksudnya? Sok-sokan pake b.inggris deh lo.‚ÄĚ Artinya, internet itu adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking. Ngerti kaga? Aku harap sih ngerti, ngerti engga ngerti harus ngerti deh, soalnya aku sendiri juga masih agak bingung hehe.
Banyak layanan populer yang tersedia di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, e-commerce, chatting, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, MUSH dan banyak lagi deh. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger

Tapi untuk mendapatkan pelayanan internet¬† yang memuaskan, engga semudah kita untuk memasak telur mata ikan diatas batu (itu mah susah #geplaak!). Ada beberapa tempat yang sulit untuk menjangkau layanan internet itu sendiri. Kita harus pandai pandai memilih untuk mendapat kecepatan akses yang maksimal dan memuaskan. Negara dengan akses Internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar – Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses Internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalur lebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan didukungnya Internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang fair dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat “perangkap jebakan” agar pengguna Internet tersebut membayar lebih mahal. Lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet Access seperti warnet , cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus dan di kantor.

Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pengaturan GPRS pada ponsel tergantung dari operator yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobyte) yang diunduh.

Secara logis, jaringan internet dibagi kedalam beberapa domain yang menurut standar IPv4 (Internet Protocol version4) di identifikasikan melalui nomor IP 32 bit atau 4 angka biner yang dipisahkan dengan titik, misalnya 192.168.10.25. Tipe domain standar nya kaya begini nih:
.com      : organisasi komersil
.edu       : institusi pendidikan di Amerika
.ac          : institusi akademik
.gov       : institusi pemerintah
.mil         : organisasi militer
.net        : penyedia akses jaringan
.org        : organisasi non-profit
Disamping itu domain juga dibagi berdasarkan negara, misalnya:
.au    : Australia
.ca        : Kanada
.id        : Indonesia
.jp      : Jepang
.my       : Malaysia
.sw       : Swedia
.th      : Thailand

Topologi? Hahaha

Topologi Jaringan¬†adalah ‚ÄúBentuk hubungan antara komputer satu dengan komputer yang lain sehingga dapat saling berinteraksi‚ÄĚ. Di Indonesia, jenis-jenis ISP (Internet Service Provider) yang ditawarkan terbagi menjadi 2 layanan dalam kategori besar, yaituIndividual¬†dan¬†Coorporation. Tipe apa yang akan dipilih sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk perusahaan besar, tentunya harus melakukan pembicaraan khusus dengan pihak ISP yang akan dipilih.Topologi jaringan¬†adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun¬†jaringan, yaitu¬†node,¬†link, dan¬†station. Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 5 kategori utama seperti di bawah ini.
§  Topologi cincin
§  Topologi bus
§  Topologi mesh
§  Topologi pohon
Setiap jenis topologi di atas masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Pemilihan topologi jaringan didasarkan pada skala jaringan, biaya, tujuan, dan pengguna.

Gimana asal mula Internet ya?

Kita harus berterima kasih atas adanya pelayanan internet yang membuat hidup kita lebih berwarna, lebih praktis dan lebih ceria haha #lebay. Namum kita harus berterima kasih kepada siapa? Kepada ARPA dong. Internet berawal dari buah pemikiran inovatif Advanced Researech Projects Agency (ARPA) yang menciptakan ARPANET pada penghujung taun 1960-an, sebuah agensi Departement of Deence (DoD) AS yang mensponsori pengembanagn suit protocol TCP/ IP. ARPA selanjutnmya berganti memjadi DARPA atau Defence Advanced Research Project Agency. Sekitar tahun 1973, DARPA bekerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan dan institusi reset, memulai program riset untuk menginvestigasi teknik dan teknologi yang mamapu menyatukan paket-paket jaringan dalam beragam bentuk. Sasaran utamanaya adalah mengembangakan protocol komunikasi yang memunkinkan computer-komputer dapat berkomunikaasi secara transparan melintasi multi paket jaringan yang terhubung, Ini dikenal dengan ‚Äúthe Internetting project‚ÄĚ dan ‚Äúthe system of networks‚ÄĚ, yang kemudian melahirkan ‚ÄúInternet‚ÄĚ. Pada periode berikutnya penegembanagan Internet semakin serius dan terbuka. Saat ini ribuan partisipasian, baik organisasi, vendor, maupun individu dari berbagai belahan dunia turut terlibat di dalamnya. Nah, begitulah kira-kira sejarah singkatnya kawan..

Kini, jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran (decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim lho.

Add caption

Perkembangan Internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.

Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.

Dampak buruk? Emang ada?
Pasti ada lah, semua plus pasti ada minus nya. Makanya, bagi para remaja sebaiknya engga terlalu mendewakan internet, karena tidak dapat dipungkiri lagi bahwa remaja yang menghabiskan waktunya untuk chating dan bermain game online hampir bisa di pastikan akan lebih cepat terpengaruh dampak buruk dari ke canggihan dunia internet. Dampak buruk juga dapat berimbas bagi masa depan sang remaja, secara bertahap dan tidak sadar ia akan semakin tidak menghargai waktu di dunia nyata, dan semakin jauh dari hubungan sosial dengan sesame di sekitarnya, ia juga akan semakin merasa dunia maya itu terlihat nyata dan tanpa sengaja ia juga akan semakin menyendiri, memperbanyak melamun, bahkan tertawa bersama dengan PC nya. Sungguh mengenaskan-__-
Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari internet, terutama dalam proses komunikasi dan penggalian informasi, namun tidak sedikit yang menyalahgunakan penggunaan internet itu. Tidak sedikit remaja yang bejat moralnya, malas belajar karena hampir semua waktunya untuk keperluan hura-hura melalui internet. Lebih-lebih remaja atau pelajar yang tanpa malu atau takut membuka situs ‚Äúterlarang‚ÄĚ. Mereka semua selalu menyampaikan berbagai alasan bila ditanya, misalnya mereka semua mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi dan rasa ingin coba- coba. Selain itu mereka juga terpengaruh oleh omongan-omongan orang dewasa. Semua hal itu berdampak buruk bagi diri mereka semua maupun orang lain yang berada di dekat mereka. Mereka yang sekilas saja menyaksikan hal-hal ‚Äúaneh‚ÄĚ akan terus menerus menyaksikannya karena mereka ketagihan. Tak lama kemudian sifat mereka akan berubah lebih buruk dan mereka semua akan terlibat dalam pergaulan bebas. Dan bagi mereka yang berada di sekitar orang-orang yang terlibat dengan hal itu akan mengalami kerugian pula. Mereka akan khawatir atau merasa resah dengan adanya orang-orang yang berbudi pekerti buruk seperti itu berada di dekat mereka.
Tips menghindari pengaruh buruk terhadap kecanduan chating dan main game online adalah dengan bersosialisasi dengan orang disekitar kita, misal keluarga, kawan-kawan, teman sekolah, tetangga, teman ngopi, teman mangkal, tukang sapu sekolah, satpam, tukang pulung dan lainnya.

Akhirnya dalam tulisan yang sangat sederhana ini aku berharap agar para remaja dapat memanfaatkan media internet secara maksimal dalam peningkatan kualitas diri sekaligus peningkatan sumber daya manusia seutuhnya sebagai generasi penerus bangsa. Banyak manfaat yang dapat diambil dari penggunaan Internet, yapi itu semua tergantung oleh orang atau pengguna dari media internet itu sendiri. Sebaliknya jangan sekali-kali menyalahgunakan penggunaan internet yang dapat merusak moral remaja sehingga kita dapat meneruskan cita-cita proklamasi bangsa Indonesia yang telah dikumandangkan pertama kali oleh Soekarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia (weseet bahasa aku tinggi)

Oke, udahan ya postingan nya. Udah pegel nih ngotak-ngatik keyboard ckck. Bye byee~
Download Anti Virus Terbaru

Download free antivirus avast
Download free smadav terbaru
Download free Avg terbaru
Download free avira terbaru

berkomentar lah di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s